Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14
Page 1 of 14SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENGADUAN DAN
TAGIHAN REKENING PELANGGAN DI PDAM TIRTAWENING
KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN SMS GATEWAY
Deasy Permatasari, S.Si, MT dan Nova Noveristi, S.Kom
Universitas Komputer Indonesia
ABSTRAK
PDAM Tirtawening Kota Bandung merupakan Perusahaan Daerah yang
bergerak dibidang pengelolaan air minum dan pengelolaan sarana air kotor. Salah
satu kegiatan utama yang terdapat di PDAM Tirtawening Kota Bandung adalah
memberikan pelayanan terhadap pelanggan.
Saat ini untuk mendapatkan pelayanan mengenai informasi tagihan
rekening, melaporkan angka stand meter dan melaporkan pengaduan terhadap
pelayanan PDAM Tirtawening, pelanggan harus datang ke kantor pusat sehingga
membuat proses pelayanan tidak optimal dan tidak efisien.
Untuk memberikan pelayanan yang optimal, maka diperlukan suatu
pengembangan sistem informasi yang lebih baik dengan menggunakan fasilitas
teknologi informasi yang dapat di akses oleh pelanggan dengan mudah.
Sistem informasi pelayanan Pengaduan dan Tagihan Rekening Pelanggan
Di PDAM Tirtawening Kota Bandung menggunakan SMS Gateway, diharapkan
dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan
kepada pelanggan sehingga tingkat kepuasan pelanggan pun meningkat dan
memberikan pengaruh yang positif bagi pendapatan perusahaan, karena dengan
SMS Gateway pelanggan dapat memperoleh pelayanan dengan mudah dimanapun,
kapanpun dengan biaya yang relatif murah dan efisien.
Kata kunci : Sistem Informasi, SMS Gateway.
I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Banyak
layananan
yang
memanfaatkan fungsi dari SMS ini.
Jenis layanan melalui SMS ini sangat
beragam, dari jenis layanan informasi
sederhana seperti info valas, harga
saham, cek nilai akademis, hingga
layanan yang cukup kompleks seperti
transaksi perbankan melalui SMS.
Ada juga layanan yang bersifat satu
pooling
SMS.
Perusahaan
Daerah
Air
Minum
(PDAM) Tirtawening Kota Bandung
merupakan Perusahaan Daerah yang
bergerak di bidang pengel
olaan air
minum dan pengelolaan sarana air
kotor
untuk
meningkatkan
kesejahteraan
masyarakat
yang
mencakup aspek sosial, kesehatan dan
pelayanan umum guna terwujudnya