Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14

Page 1 of 14
next >

SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENGADUAN DAN

TAGIHAN REKENING PELANGGAN DI PDAM TIRTAWENING

KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN SMS GATEWAY

Deasy Permatasari, S.Si, MT dan Nova Noveristi, S.Kom

Universitas Komputer Indonesia

ABSTRAK

PDAM Tirtawening Kota Bandung merupakan Perusahaan Daerah yang

bergerak dibidang pengelolaan air minum dan pengelolaan sarana air kotor. Salah

satu kegiatan utama yang terdapat di PDAM Tirtawening Kota Bandung adalah

memberikan pelayanan terhadap pelanggan.

Saat ini untuk mendapatkan pelayanan mengenai informasi tagihan

rekening, melaporkan angka stand meter dan melaporkan pengaduan terhadap

pelayanan PDAM Tirtawening, pelanggan harus datang ke kantor pusat sehingga

membuat proses pelayanan tidak optimal dan tidak efisien.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, maka diperlukan suatu

pengembangan sistem informasi yang lebih baik dengan menggunakan fasilitas

teknologi informasi yang dapat di akses oleh pelanggan dengan mudah.

Sistem informasi pelayanan Pengaduan dan Tagihan Rekening Pelanggan

Di PDAM Tirtawening Kota Bandung menggunakan SMS Gateway, diharapkan

dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan

kepada pelanggan sehingga tingkat kepuasan pelanggan pun meningkat dan

memberikan pengaruh yang positif bagi pendapatan perusahaan, karena dengan

SMS Gateway pelanggan dapat memperoleh pelayanan dengan mudah dimanapun,

kapanpun dengan biaya yang relatif murah dan efisien.

Kata kunci : Sistem Informasi, SMS Gateway.

I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Banyak

layananan

yang

memanfaatkan fungsi dari SMS ini.

Jenis layanan melalui SMS ini sangat

beragam, dari jenis layanan informasi

sederhana seperti info valas, harga

saham, cek nilai akademis, hingga

layanan yang cukup kompleks seperti

transaksi perbankan melalui SMS.

Ada juga layanan yang bersifat satu

pooling

SMS.

Perusahaan

Daerah

Air

Minum

(PDAM) Tirtawening Kota Bandung

merupakan Perusahaan Daerah yang

bergerak di bidang pengel

olaan air

minum dan pengelolaan sarana air

kotor

untuk

meningkatkan

kesejahteraan

masyarakat

yang

mencakup aspek sosial, kesehatan dan

pelayanan umum guna terwujudnya