< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16Page 17Page 18Page 19Page 20Page 21

Page 5 of 21
next >

2.4

Jenis-Jenis Penilaian

Penilaian

memiliki

beberapa

bentuk dan jenis. Dari jenis penilaian

itulah yang kemudian menjadi alat

ukur dari objek penilaian yang

dilakukan. Jenis penilaian, yaitu:

1.

Tes tertulis

Tes tertulis merupakan tes dalam

bentuk bahan tulisan (baik soal

maupun

jawaban).

Dalam

menjawab soal siswa tidak selalu

merespons dalam bentuk menulis

kalimat jawaban tetapi dapat juga

dalam bentuk, mewarnai, memberi

tanda,

menggambar

grafik,

2.

Performances Assessment

Performance

assessment

merupakan

penilain

dengan

berbagai macam tugas dan situasi

dimana peserta tes diminta untuk

mendemonstrasikan

pemahaman

dan mengaplikasikan pengetahuan

yang

mendalam,

serta

keterampilan didalam berbagai

macam

konteks.

Jadi

boleh

dikatakan

bahwa

performance

assessment

yang meminta peserta tes untuk

mendemonstrasikan

dan

mengaplikasikan pengetahuan ke

dalam berbagai macam konteks

sesuai

dengan

kriteria

yang

diinginkan.

3.

Penilaian portofolio

Penilaian proyek adalah tugas

yang harus diseleseikan dalam

periode atau waktu tertentu. Tugas

tersebut berupa suatu investigasi

sejak

pengumpulan,

pengorganisasian, pengevaluasian,

hingga penyajian data. Karena

dalam pelaksanaan proyek pada

data

primer

atau

sekunder,

evaluasi hasil dan kerjasama

dengan

pihak

lain,

proyek

merupakan suatu sarana yang

penting untuk menilai kemampuan

umum dalam semua bidang.

4.

Product assessment

Penilaian

hasil

kerja

siswa

merupakan

penilaian

terhadap

keterampilan

siswa

dalam

membuat suatu produk benda

tertentu

dan

kualitas

produk

tersebut. Penilaian sikap. Manusia

mempunyai

sifat

bawaan,

misalnya : kecerdasan, tempramen,

dan sebagainya. Faktor-faktor ini

memberi

pengaruh

terhadap

pembentukan sikap.

5.

Self assessment

Penilaian diri tingkat kelas (PDK)

classroom self assessment

(CSA) adalah penilaian yang

dilakukan sendiri oleh guru atau

siswa yang bersangkutan untuk

kepetingan pengelolaan kegiatan

belajar mengajar (KBM) di tingkat

kelas.

2.5

Uji Kompetensi

Uji kompetensi adalah sebuah tes

yang dimaksudkan untuk menetapkan

bawa seorang siswa telah memenuhi

standar minimum yang ditetapkan

berdasarkan

keterampilan

dan

pengetahuan, sehingga memenuhi

syarat untuk pengakuan prestasi

seperti kelulusan, sertifikasi dan lain-

lain.

2.6

Uji Program

Uji program adalah sebuah

kegiatan yang diadakan oleh program

studi sistem informasi, fakultas teknik

dan

ilmu

computer,

universitas

komputer indonesia untuk mengetahui

kompetensi

mahasiswa

dibidang

pemahaman bahasa pemorgraman dan

jugas sebagai salah satu syarat

mahasiswa sebelum mengambil skrisi

atau tugas akhir. Adapun penilaian uji